Pages

Friday, October 5, 2012

CARA MENAMPILKAN MICROSOFT EQUATION

CARA MENAMPILKAN MICROSOFT EQUATION

Apakah kamu pernah mengalami kebingungan untuk menulis rumus matematika pada microsoft word? Bingung bagaimana cara menulis akar pangkat, zigma, kuadrat, bilangan pecahan, dan lain lain sebagainya?
Ada request dari beberapa ‘rekan’ blogger tentang kesulitannya dalam menulis naskah soal matematika, Tenang aja caranya mudah kok. Berikut ini langkah-langkah menulis rumus pada microsoft word versi 2003 ke atas.

Cara menampilkan Microsoft Equation pada word 2003


Microsoft equation adalah sebuah opsi yang berada pada microsoft office word yang berfungsi untuk menulis atau membuat rumus matematika sehingga lebih mudah seperti per, bagi kurung, dan lain-lain. Namun kesulitan yang sering dialami oleh para pengguna office word 2003 adalah Microsoft equation tersebut tidak tampil atau tersembunyi sehingga user yang jarang menggunakan office word akan sangat kesulitan menemukan microsoft equation ini. Untuk itu mari kita simak bagaimana cara menampilkan microsoft equation pada word 2003 supaya lebih mudah digunakan atau diakses oleh penggunanya.
Cara menampilkan microsoft equation pada office word 2003 adalah sebagai berikut :

1. Buka program office word 2003
2.Pada toolbar klik menu 'Tools' (alt+T) lalu pilih 'Cuztomize'
3. Setelah itu masuk ke tab 'commands' lalu pada categories pilih 'all commands' dan pada commands cari  'Insert Equation'
4. Selanjutnya klik pada 'insert equation' dan jangan lepaskan lalu geserkan pada toolbar office 2003 dan selesai.

mudah bukan ...
Selamat mencoba semoga berhasil...

Oh ya perlu diketahui, jika pada microsoft word di komputer atau laptop kamu tidak menemukan fasilitas microsoft equation itu berati microsoft word kamu tidak lengkap instalasinya, jadi harus diinstal dulu untuk memakainya.
Atau bila ada kendala, (karena peng-instalasi-annya memerlukan CD asli microsoft office), maka ada solusi lain pengganti microsoft equation yang tak kalah bagus, malah lebih lengkap yaitu Mathtype 6.0

Perbandingan Equation vs MATHTYPE 6.0

MathType 6.0 merupakan versi terbaru dari  Microsoft Equation 3.0 yang dikembangkan oleh Design Science, bukan Microsoft. Kelebihannya adalah:

Mampu menampilkan rumus matematika (Equation) dengan berbagai font.
Menggunakan berbagai simbol matematika yang lengkap yang mendukung berbagai jenis font, termasuk Times New Roman sebagai font baku karya tulis ilmiah.
Terintegrasi dengan Microsoft Office 2007 dan Microsoft Office 2010.
Jika anda tertarik silahkan ke sini MathType 6.0 FULL KEYGEN DOWNLOAD


No comments:

Post a Comment

Berikan komentar yang positif